DESKRIPSI TENTANG HEWAN DAN TUMBUHAN

HEWAN :

1.gajah

Mempunyai belalai yang panjang , berwarna abu abu , mempunyai bentuk tubuh yang besar, termasuk dalam golongan herbivora, kita dapat menjumpai di kebun binatang atau hutan, salah satu ciri khasnya yaitu memiliki gading , ia biasa mengambil makanannya dengan menggunakan hidung atau belalainya, mereka hidup secara berkelompok,pada umumnya banyak manusia yang memburunya hanya untuk mendapatkan gadingnya , ia termasuk salah satu yang di lestarikan.

2. monyet

Termasuk golongan primata, makanan ciri khasnya adalah pisang , namanya sering disebut dan disalah gunakan oleh manusia dalam pertengkaran, dia sangat suka dengan kutu, dan postur tubuhnya kecil dan mempunyai ekor yang cukup panjang, ia mempunyai bulu di hampir seluruh tubuhnya, ia juga biasa hidup berkelompok, ia mempunyai bentuk tubuh yang sedikit mirip dengan manusia yaitu mempunyai tangan dan kaki

3. Ular

Termasuk golongan reptil yang tak berkaki dan bertubuh panjang. memiliki sisik seperti kadal dan sama-sama digolongkan ke dalam reptil bersisik (Squamata). Perbedaannya adalah kadal pada umumnya berkaki, memiliki lubang telinga, dan kelopak mata yang dapat dibuka tutup. Akan tetapi untuk kasus-kasus kadal tak berkaki (misalnya Ophisaurus spp.) perbedaan ini menjadi kabur dan tidak dapat dijadikan pegangan.

4. Harimau atau macan

tergolong dalam kerajaan dalam filum kordata (mempunyai saraf tulang belakang), sub-filum vertebrata (bertulang belakang), kelas mamalia (berdarah panas, berbulu dengan kelenjar susu), pemakan daging (karnivora), keluarga felidae (kucing), genus panthera, spesies tigris (harimau).ia sejenis kucingnamun besar dari spesiesnya, lebih besar dari sang raja hutan singa. biasanya ia memburu mangsa yang agak besar seperti rusa sambar, kijang, babi, kijang, kancil, tetapi akan memburu hewan kecil seperti landak apabila mangsa yang agak besar itu tidak ada. Meskipun berasal dari keluarga yang sama, ia berbeda dengan kucing biasa yang kecil, ia sangat suka berenang, hidup bebas dan liar, biasanya manusia panik jika bertemu dengannya karna terkenal suka memakan manusia juga.

5.  tikus

Ia berbadan kecil dan mempunyai 4 kaki, ia biasa hidup di tempat yang kotor, contohnya di aliran air di sekitar perumahan , ia ada yg berwarna putih , hitam , abu abu dll, makanan kesukaan yang menjadi ciri khasnya yaitu keju, ia mempunyai buntut, ada juga orang yg mengembang biakannya untuk makanan ular, biasanya yg di gunakan yg warna putih, ia mempunyai kembaran spesies bernama hamster namun hamster banyak di pelihara oleh manuia karna bentuknya yang unik dan lucu, iya juga terkenal dalam serial kartun tom and jerry , ia berperan menjadi jerry.

6.Mawar

kebanyakan tumbuh di belahan bumi utara yang berudara sejuk. Umumnya spesies ini  merupakan  semak yang berduri atau pemanjat yang tingginya bisa mencapai 2 sampai 5 meter.Sebagian besar spesies mempunyai daun yang panjangnya antara 5-15 cm, dua-dua berlawanan (pinnate). Daun majemuk yang tiap tangkai daun terdiri dari paling sedikit 3 atau 5 hingga 9 atau 13 anak daun dan daun penumpu (stipula) berbentuk lonjong, pertulangan menyirip, tepi tepi beringgit, meruncing pada ujung daun dan berduri pada batang yang dekat ke tanah. Mawar sebetulnya bukan tanaman tropis, sebagian besar spesies merontokkan seluruh daunnya dan hanya beberapa spesies yang ada di Asia Tenggara yang selalu berdaun hijau sepanjang tahun.

7. Kembang sepatu (Hibiscus rosa-sinensis L.)

Semak dari suku Malvaceae yang berasal dari Asia Timur dan banyak ditanam sebagai tanaman hias di daerah tropis dan subtropis. Ia besar, berwarna merah dan tidak berbau. Ia dari berbagai kultivar dan hibrida bisa berupa tunggal (daun mahkota selapis) atau ganda (daun mahkota berlapis) yang berwarna putih hingga kuning, oranye hingga merah tua atau merah jambu. Di Sumatera dan Malaysia, ia disebut bunga raya. Ia ditetapkan sebagai bunga nasional Malaysia pada tanggal 28 Juli 1960. Orang Jawa menyebutnya kembang worawari.

8. Teratai

Ia mempunyai nama genus Dalam bahasa Inggris dikenal sebagai water-lily atau waterlily. Di Indonesia, ia juga digunakan untuk menyebut (lotus), terdapat di atas permukaan air (tidak mengapung), kelopak bersemu merah ,daun berbentuk lingkaran penuh dan rimpangnya biasa dikonsumsi. tumbuh di permukaan air yang tenang, keluar dari tangkai yang berasal dari rizoma yang berada di dalam lumpur pada dasar kolam, sungai atau rawa. Tangkai terdapat di tengah-tengah daun. Daun berbentuk bundar atau bentuk oval yang lebar yang terpotong pada jari-jari menuju ke tangkai. Permukaan daun tidak mengandung lapisan lilin sehingga air yang jatuh ke permukaan daun tidak membentuk butiran air.

9.Kemboja atau semboja

Ia adalah sekelompok dalam marga Plumeria. Bentuknya berupa pohon kecil dengan daun jarang namun tebal. Bunganya yang harum sangat khas, dengan mahkota berwarna putih hingga merah keunguan, biasanya lima helai. Bunga dengan empat atau enam helai mahkota bunga oleh masyarakat tertentu dianggap memiliki kekuatan gaib. Ia berasal dari Amerika Tengah. sekarang ia merupakan pohon yang sangat populer di Pulau Bali karena ditanam di hampir setiap pura serta sudut kampung, dan memiliki fungsi penting dalam kebudayaan setempat. Di beberapa tempat di Nusantara, termasuk

10. Rafflesia

Ia ditemukan di hutan hujan Indonesia oleh seorang pemandu dari Indonesia yang bekerja untuk Dr. Joseph Arnold tahun 1818,.ia tidak memiliki batang, daun ataupun akar yang sesungguhnya.ia merupakan endoparasit, Satu-satunya bagian yang dapat dilihat di luar inangnya adalah bunga bermahkota lima.  Ia tampak dan berbau seperti daging yang membusuk, Baunya yang tidak enak menarik serangga seperti lalat dan kumbang kotoran, ia kadang-kadang secara salah kaprah dianggap sebagai bunga terbesar di dunia.

NAMA : SHERLY YUNITA

NPM : 46212981

KELAS : 1DA02

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s