pengertian serta Kaitan Ilmu Alamiah Dasar dengan Akuntansi Komputer

Pengertian Akuntansi

Akuntansi berasal dari kata asing accounting yang artinya bila diterjemahkan ke dalam bahasa indonesia adalah menghitung atau mempertanggungjawabkan. Akuntansi digunakan di hampir seluruh kegiatan bisnis di seluruh dunia untuk mengambil keputusan sehingga disebut sebagai bahasa bisnis.

Akuntansi adalah suatu proses mencatat, mengklasifikasi, meringkas, mengolah dan menyajikan data, transaksi serta kejadian yang berhubungan dengan keuangan sehingga dapat digunakan oleh orang yang menggunakannya dengan mudah dimengerti untuk pengambilan suatu keputusan serta tujuan lainnya..

Kaitan Ilmu Alamiah Dasar dengan Akuntansi Komputer

Seperti yang telah terjabar di atas, dalam cakupan luas ilmu alamiah dasar mencakup semua pengetahuan, termasuk matematika. Dimana matematika berkaitan erat dengan menghitung angka dan variabel. Sama halnya dengan matematika, akuntansi komputer juga berkaitan erat dengan menghitung angka dan variabel. Hanya saja aplikasi yang di gunakan telah berbasis komputer. Ilmu Alamiah Dasar bersifat alami yang artinya dapat tumbuh dengan sendirinya, hanya saja perlu pengolahan/ proses agar dapat berkembang. Akuntansi pun demikian, memerlukan pengumpulan dan pengolahan data untuk mendapatkan hasil yang akurat.

Ilmu Alamiah Dasar dapat kita jumpai pada pelajaran/ mata kuliah akuntasi komputer. Dimana Ilmu Alamiah Dasar mencakup Ilmu Pengetahuan Alam dan teknologi. Kaitan akuntansi komputer dari segi teknologi,  akuntansi komputer merupakan sarana yang digunakan untuk menghitung, mengidentifikasikan, mengukur, dan melaporkan informasi ekonomi dengan sarana berbasis komputer. Hal ini di maksudkan agar dapat mempermudah akuntan untuk mengerjakan tugas-tugas nya dan dapat meminimalisir waktu yang di gunakan.

Kaitan akuntansi komputer dari segi Ilmu Pengetahuan Alam, mencakup ilmu biologi yang di dalamnya terdapat hubungan timbal balik antara manusia dengan manusia lainnya. Ini membuktikan bahwa tidak terlepasnya manusia sebagai makhluk sosial, dimana manusia tidak dapat hidup tanpa manusia lain. Semu hal tersebut membutuhkan suatu proses. Berkaitan dengan hal tersebut, akuntansi pun membutuhkan sebuah proses pengumpulan dan pengolahan data. Jadi dapat di katakan Ilmu Alamiah Dasar dan akuntansi komputer memiliki keterkaitan.

 

 

 

One thought on “pengertian serta Kaitan Ilmu Alamiah Dasar dengan Akuntansi Komputer

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s